4 Peraturan Anyar Ballon d’Or 2022, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Auto Gagal Menang?

Livescoresbola – France Football sudah resmi mengumumkan adanya perubahan aturan dalam pemilihan pemenang BAllon d’Or 200. Format baru ini membuat Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo terancam gagal untuk merengkuh trofi Bola Emas.

 

Messi dan Ronaldo merupakan pemain sepak bola dengan koleksi penghargaan BAllon d’Or terbanyak. La Pulga sukses mengoleksi tujuh gelar, sedangkan Cristiano Ronaldo telah mengumpulkan lima trofi.

 

Pada Ballon d’Or 2021, Lionel Messi berhasil keluar sebagai pemenang. Messi berhasil mengumpulkan 613 poin, unggul atas Robert Lewandowski (580 poin) di posisi kedua dan Jorgingo yang mendapat 460 poin di tempat kedua.

 

Keberhasilan La Pulga mendapatkan Ballon d’Or tahun lalu menuai kritikan. Pasalnya , performa dari Lionel Messi tidak bagus – bagus amat sepanjang musim lalu.

 

Dia gagal membawa Barcelona untuk menjuarai La Liga dan Liga Champions. Walaupun begitu, Messi berhasil mempersembahkan titel juara Copa del rey, dan juga memenangkan gelar Copa America 2021 bersama dengan Timnas Argentina.

 

Memasuki musim ini, penampilan dari Lionel Messi semakin merosot. Sejak bergabung dengan Paris Saint-Germain pada musim panas tahun lalu, Messi baru mencetak sebanyak 7 gol dari 25 laga. Dia juga gagal membawa PSG lolos ke perempat final Liga Champions

 

Akan tetapi, jika berhasil membawa Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 dan tampil bagus di paruh pertama musim depan, Lionel Messi memiliki peluang untuk mendapatkan Ballon d’Or tahun ini.

 

Namun sayangnya, hal tersebut tidak akan terealisasi. Pasalnya France Football sudah menerapkan peraturan baru terkait dengan pemilihan pemenang BAllon d’Or dan mulai berlaku pada tahun ini. Apa saja itu? Berikut ini akan kami bagikan ulasannya.

 

Menurut Musim Bukan Tahun

Piala Dunia 2022 – Sampai edisi terakhir, pemenang Ballon d’Or diukur dari penampilan selama setahun kalender, yaitu dari JAnuari hingga Desember. Akan tetapi untuk Ballon d’Or 2022 akan terjadi perubahan format.

 

Trofi Bola Emas akan diberikan kepada pemain yang tampil moncer dalam satu musim, mulai dari Agustus hingga Juli. Alhasil, penampilan di Piala Dunia 2022 yang berlangsung pada November hingga Desember tahun ini tidak masuk kedalam hitungan.

 

Situasi tersebut membuat Lionel Messi kemungkinan besar akan gagal meraih Ballon d’Or 2022. Pasalnya, Messi tidak mampu membawa PSG lolos ke perempat final Liga Champions musim ini, dan juga tampil kurang meyakinkan.

 

Kriteria Pemenang

Untuk edisi tahun ini, kriteria pemenang akan ditentukan berdasarkan prestasi individu pemain, bukan lagi dari pencapaian kolektif secara tim. Beberapa hal lain yang menjadi pertimbangan adalah kemampuan pemain dan rasa fair play di lapangan.

 

Jumlah Voter

Mulai pada edisi tahun ini, France Football memutuskan untuk memangkas jumlah voter.Nantinya hanya jurnalis dari negara peringkat 100 besar ranking FIFA yang mempunyai hak memilih untuk kategori pria, dan 50 teratas untuk sepak bola wanita.


Sebelumnya, para voter berasal dari jurnalis peringkat 170 besar ranking FIFA.

 

Lebih Banyak Spesialis

Di Ballon d’Or 2022, France Football memutuskan untuk melibatkan lebih banyak lagi spesialis dalam menentukan 30 nomine. Sebelumnya, daftar calon pemenang disusun oleh Staf redaksi France Football dan L’Equipe.

 

Namun kali ini, duta Ballon d’Or, Didier Drogba, juga mempunyai hak untuk ikut memilih nomine edisi 2022. Selain itu, jurnalis asal Vietnam Truong Anh Ngoc, jurnalis asal Selandia Baru Gordon Watson, dan Karolina Hlavackova dari Republik Ceska akan ikut ambil bagian dalam proses tersebut.

Copy link