5 Pemain Indonesia dengan Nilai Pasar Tinggi yang Berkarir di Luar Negeri

Livescoresbola – Nilai pasar sering menjadi acuan untuk biaya transfer para pemain di seluruh. Tidak terkecuali dengan pemain Indonesia yang saat ini berkarir di luar negeri.

 

Besaran dari nilai pasar memang tidak ada yang pasti. Angka yang tertera hanya menjadi acuan yang menggambarkan performa dan peningkatan kualitas dari seorang pemain.

 

Variabel ini sering digunakan oleh klub saat akan merekrut pemain. Besar kecilnya nilai pasar menjadi indikator dari sebuah klub untuk bisa menentukan harga beli dan jual pemain plus prakiraan kontrak yang diberikan.

 

Ada pemain yang mempunyai pasaran nilai yang tinggi, akan tetapi tidak sesuai dengan penampilannya. Ada juga pemain yang mempunyai nilai pasar rendah, meski penampilannya cukup mengesankan.

 

Transfermarkt menjadi situs yang menyajikan data nilai pasar dari seluruh pemain di dunia. Walaupun demikian, nilai yang disajikan tentunya bukan riil melainkan hanya berupa taksiran saja.

 

berita bola. Lalu, siapakah pemain Indonesia yang memiliki nilai pasar tertinggi saat ini? Berikut ini lima nilai pasar paling tinggi milik pemain Indonesia yang bermain di klub luar negeri versi Transfermarkt.

 

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman sekarang ini mempunyai nilai pasar 25 ribu euro (Rp 329 juta). Jumlah tersebut terbilang cukup kecil untuk pemain yang berkarir di Eropa.

 

Penyebabnya adalah pada awal bergabung Witan dengan Lechia Gdansk tidak mendapatkan kesempatan bermain. Jadi, nilai pasarnya stagnan di angka yang relatif kecil.

 

Pada masa pinjaman ke FK Senica, WItan mulai menunjukan kualitasnya. Mungkin saja harga dari pasar WIta akan mengalami perubahan pada pembaharuan data terbaru nanti.

 

Egy Maulana Vikri 

berkarir di Eropa sejak tahun 2019 tidak heran jika membuat nilai pasar Egy Maulana Vikri meroket. Sekarang ini Egy mempunyai nilai pasar 175 ribu euro (2,7 miliar).

 

Jumlah tersebut tentunya masih dibawah nilai pasar pemain Indonesia lain yang merumput di Eropa. Akan tetapi, Egy mengalami kenaikan sejak membela FK Senica pada awal musim ini.

 

Egy Maulana Vikri mempunyai penampilan yang mengesankan. Bukan hal yang mustahil jika dalam waktu dekat nilai pasarnya akan meningkat.

 

Saddil Ramdani

Saddil Ramdani mempunyai nilai pasar sebesar 250 ribu euro (Rp 3,9 miliar). Jumlah itu didapatkan Saddil Ramdani setelah tampil mengesankan bersama dengan klub Malaysia, sabah FC.

 

Nilai pasar Saddil perlahan -lahan meningkat setelah memberanikan diri berkarir di luar negeri. Padahal, sewaktu ia masih di Persela LAmongan Saddil memiliki harga 150 ribu euro (Rp 2,3 miliar).

 

Saddil Ramdani sekarang menjadi andalan di lini serang Sabah FC. Pemain yang berusia 23 tahun ini sudah mengemas 20 penampilan dan sukses mencetak empat gol dan tiga assist.

 

Pratama Arhan 

Pratama Arhan sekarang ini mempunyai nilai pasar 325 ribu euro (Rp 5 miliar). Nilai tersebut didapatkan Pratama Arhan sejak mampu menembus squad utama PSIS Semarang.

 

Sewaktu mendapatkan debut di Liga 1, Pratama Arhan mempunyai nilai 75 ribu euro (Rp 1,1 miliar). Jumlahnya semakin meningkat seiring penampilan gemilangnya di lini belakang PSIS Semarang.

 

Nilai pasar Pratama Arhan diyakini akan terus mengalami peningkatan. Apalagi saat ini Arhan akan bermain bersama dengan klub asal Jepang, Tokyo Verdy.

 

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam merupakan pemain Indonesia dengan nilai pasar tinggi yang bermain di luar negeri. Pemain yang berusia 22 tahun tu, saat ini mempunyai nilai pasar 375 euro (Rp 5,8 miliar).

 

Jumlah tersebut mengalami peningkatan setelah Asnawi Mangkualam bergabung dengan Ansan Greeners FC pada tahun 2021. Sebelumnya, Asnawi mempunyai harga 200 ribu euro (Rp 3,1 miliar) sewaktu masih membela PSM Makassar.

 

Harga tinggi yang dimiliki oleh Asnawi sebanding dengan penampilannya di Ansan Greeners FC. Pemain Timnas Indonesia itu, sejauh ini sudah mengemas 19 penampilannya untuk klub asal Korea Selatan tersebut.

Copy link