Hasil Uji Coba FIFA Matchday Berhasil Sempurna Walaupun Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Sikat Habis Timor Leste

Livescoresbola – Timnas Indonesia berhasil dengan sukses mendapatkan kemenangan saat melakukan laga internasional melawan Timor Leste. Squad dari arahan Shin Tae-yong ini unggul dengan point 4 – 1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. pada kamis malam (27/1/2022).

Timnas Indonesia sebenarnya berusaha menguasai jalannya pertandingan. Namun, Timor Leste tampil secara mengejutkan dengan tampil secara agresif. Usaha mereka cukup rapi dalam mengupayakan membangun serangan.

Peluang pertama dalam pertandingan ini muncul di menit ke 10 dan hal itu terjadi dikarenakan dari deretan penyerang Timor Leste. Yaitu Paulo gali yang mampu mengganti umpan dari Mouzinho Barreto, namun tendangan nya masih meleset.

Dua menit berlalu, giliran bek kiri dari Edo Febriansyah yang membuat Timnas Indonesia memberikan ancaman balasan kepada Timor Leste. Dia bisa memanfaatkan umpan dari Rachmat Irianto. Tendangannya mengarah ke arah gawang, namun mampu di blok oleh kiper Junildo Pereira.

Peluang emas Timnas Indonesia berada di menit ke 27. Itu karena berkat aksi cemerlangnya Ricky Kambuaya yang mampu masuk ke kotak penalti lawan dan mengirim umpan tarik. Sayangnya, Dedik Setiawan yang berada di depan gawang gagal saat mengarahkan bola ke gawang Timor Leste.

Dari posisi ben kanan Sani Rizki juga tidak ketinggalan dengan mencoba melepas tendangan keras setelah menerima umpan dari Dedik di menit ke 31. LAgi – lagi tidak ada ancaman berarti karena sepakannya masih tidak menemui sasaran.

Para pemain TImor leste awalnya malah bersorak karena telah berhasil unggul dahulu. namun di menit ke 35, paulo Gali melakukan aksi individu dengan melakukan penetrasi ke pertahanan Timnas Indonesia. Dia mampu bisa melewati Alfeandra Dewangga sebelum menendang bola yang melewati Syahrul Trisna.

Dalam kondisi yang tertinggal, squad garuda malah mendapatkan petaka di menit ke 44. Syahrul menjatuhkan Paulo gali yang mampu masuk ke kotak penalti lagi. Timor Leste mendapatkan hadiah tendangan penalti, dan Syahrul juga mendapatkan kartu kuning sebagai ganjaran.

beruntungnya untuk Timnas Indonesia, Mouzinho yang tampil sebagai eksekutor gagal merubah sepakan jadi goal karena tembakannya ke arah kanan ditepis oleh Syahrul di injury time babak pertama. Skor 1-0 untuk Timor Leste menghiasi waktu turun minum.

Babak kedua

livescore bola. Timnas Indonesia tampil sangat agresif dibandingkan dengan babak yang pertama, demi mencetak goal balasan kepada Timor Leste dalam mengawali babak kedua. Ronaldo Kwateh yang baru mendapatkan peluang lewat tembakannya di menit ke 49, sayangnya masih tidak mengarah ke gawang. 

Irfan Jaya mendapatkan 2 kali kesempatan untuk mencetak goal memasuki menit ke 57 setelah mendapatkan umpan dari Ronaldo. Sundulannya mengenai tiang, bola muntah lalu ditembak dan masih bisa di blok oleh Junildo.

Tim Merah Putih akhirnya berhasil menyamakan kedudukannya di menit ke 65 berkat goal spektakuler gelandang Kambuaya. Awalnya Evan Dimas mengirim umpan lambung dari tengah lapangan menuju ke dekat penalti lawan.

Kemudian bola disodorkan oleh Ronaldo ke arah Ricky Kambuaya yang berada di dekatnya. Tanpa berpikir panjang, Kambuaya langsung menembak dari luar kotak penalti yang berhasil masuk ke gawang Timor Leste.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk Timnas Indonesia. Mereka mendapatkan penalti setelah bek Gumario Moreira melakukan handsball. Pratama Arhan yang menjadi eksekutor berhasil memperdaya kiper Georgina da Silva di menit ke 73.

Pratama kembali menjadi aktor gol ketiga Timnas Indonesia di menit ke 76. Kali ini, dia melakukan lemparan ke dalam yang bisa menembus kotak penalti Timor Leste. Bola dipukul oleh Georgino namun malah masuk ke gawang, sehingga dihitung sebagai goal bunuh diri.

Goal bunuh diri lagi – lagi muncul di menit ke 80. Pratama yang menjadi kreatornya lewat umpan silang. Bola berusaha dihalang oleh bek Filomeno Junior, namun bola malah masuk kedalam gawang tim nya sendiri lagi.

Tidak ada goal tambahan lagi hingga wasit meniup peluit panjang. Timnas Indonesia mengawali kiprah di tahun 2022 dengan memiliki catatan gemilang berkat kemenangannya 4 – 1 ini.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-3-3) Syahrul Trisna sebagai (kiper), Sani Rizki, Alfeandra Dewangga, Edo Febriansyah di bagian (belakang), Evan Dimas, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya di bagian (tengah), Irfan Jaya, Dedik Setiawan, Ramai Rumakiek dibagian (depan).

Coach : Shin Tae-yong berasal dari Korea Selatan

Timor Leste (4-3-3) Junildo Pereira sebagai (kiper), João Panji, Jaimmito Soares, Filomeno Júnior Orcelio da Silva di bagian (belakang), Cristevao Fernandes, Jhon Firth, Dom Lucas Braz di bagian (tengah), Mouzinho Bareto, Elias Mesquita, Paulo Gali di bagian (depan)

Coach : FAbio Magrao berasal dari Brazil

Copy link