Kekacauan Liverpool vs Real Madrid, Menteri Perancis Tuduh Klopp Jadi Biang Keladinya

Livescoresbola – Kekacauan di final Liga Champions yang mempertemukan Liverpool dengan Real Madrid tetap menjadi pembicaraan hangat sampai sekarang ini. Menteri Dalam Negeri Perancis, Gerald Darmanin, menuding Jurgen Klopp sebagai penyebabnya.

Seperti diketahui, pertandingan final Liga Champions di antara Liverpool menantang Real Madrid diadakan di Stade de France pada Minggu (29/5/2022) kemarin. Laga itu sukses dimenangkan Real Madrid dengan score tipis 1-0.

Sebelum laga diadakan, sempat terjadi kekacauan di luar lapangan karena ribuan pendukung Liverpool dilarang masuk ke stadion. Padahal, mereka telah membanjiri area stadion sejak beberapa jam lalu.

Pihak kepolisian Prancis sampai harus memakai gas air mata tanpa pandang bulu sampai menyakiti pendukung the Reds termasuk yang masih anak-anak. Peristiwa ini membuat kick-off tertunda sepanjang 36 menit.

 

Jurgen Klopp Biang Penyebabnya ?

Pembicaraan berjalan sampai sekarang bersamaan dengan timbulnya bukti-bukti baru. Darmanin mengeklaim jika 70 % ticket adalah palsu. Dia mengeklaim sekitar 30 sampai 40 ribu penggemar Liverpool yang datang di stadion mengantongi ticket palsu dan bahkan tidak mempunyai ticket sama sekali.

Selanjutnya, Darmanin menunjuk Jurgen Klopp selaku pelatih the Reds sebagai biang keladi peristiwa ini. Darmanin mengarah pada perkataan pria dari Jerman itu saat sebelum pertandingan berlangsung.

“Pada tahun 2019, final antara Liverpool dan Tottenham alami permasalahan yang serupa di Madrid. Final di Wembley beberapa tahun kemarin mempunyai masalah yang sama,” kata Darmanin.

“Ada pula pelatih Liverpool [Klopp] yang memanggil pendukung untuk bepergian ke Prancis walau tidak mempunyai ticket. Kami bertemu dengan ribuan pendukung Inggris, beberapa dari mereka menghormati aturan dengan sempurna. Dan sedikit, tetapi benar-benar ramai, yang mendorong pihak berwenang.”

 

Ajakan Klopp yang Dipermasalahkan

livescore bola. Memang betul adanya, jika Klopp mengatakan ke para pendukung Liverpool untuk berkunjung ke Paris walau tidak mempunyai ticket menonton pertandingan. Dia merasa kota Paris cukup besar untuk memuat semua penggemar Liverpool.

“Bila anda tidak mempunyai ticket – saya tidak mau mengundang orang-orang ke Paris tetapi ini kali [kotanya] lumayan besar,” kata Klopp sebelum final Liga Champions diadakan.

“Saya melakukannya terakhir kali untuk Basel [final Liga Europa 2016] dan seluruh Swiss jadi semacam ini [mengepalkan tangan]. Tetapi saya berpikir Paris cukup besar untuk didatangi walau tanpa ticket dan bergembira.”

Sementara itu, diketahui ada sekitaran nyaris tiga ribu penggemar the Reds mempunyai ticket resmi tetapi tidak dapat masuk ke stadion. Menteri Olahraga Prancis, Amelie Oudea-Castera sudah meminta UEFA untuk mengembalikan uang mereka.

Copy link