Menang 3 – 0 atas Timor Leste, Tim Nasional Indonesia Geser Ranking FIFA Singapura.

livescoresbola – Coach Shin Tae Yong berhasil membawa Tim Nasional Indonesia menggeser ranking FIFA Singapura setelah memenangkan pertandingan 3 – 0 atas Timor Leste dalam laga persahabatan yang kedua.

Bertanding di stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Pada hari minggu tanggal 30 januari 2022 malam WIB, Tim Nasional Indonesia atau biasa disebut sebagai Timnas Indonesia kembali menghancurkan Timor Leste.

Sebelumnya, Shin Tae Yong yang juga baru saja mengalahkan Timor Leste 4 – 1 pada hari kamis kemarin tanggal 27 januari 2022 di tempat yang sama.

Adapun di pertandingan kali ini, Tim Nasional Indonesia meraih kemenangan berkat dari goal Terens Puhiri di menit ke 5, Ramai Rumakiek di menit ke 41, dan Ricky Kambuaya di menit ke 72.

Ricky Kambuaya

Pemain gelandang Ricky Kambuaya jadi yang paling mencuri perhatian di pertandingan ini, karena pemain dari Persebaya Surabaya ini menyumbang masing – masing satu goal dan assist, jadi yang terbaik di antara pemain lain.

Terens Puhiri

Winger yang berasal dari Borneo FC ini, mencetak goal pertama untuk Tim Nasional Indonesia, yang menariknya, Ini merupakan laga kedua nya di level internasional. Bahkan goal yang dicetak Terens Puhiri, melewati proses yang cukup apik.

Goal dari Terens Puhiri tercipta berkat umpan yang dikirim oleh Ricky Kambuaya. Pemain yang telah berusia 25 tahun ini, berhasil mengarahkan bola ke gawang setelah mencungkilnya dan melewat kiper Timor Leste. 

Ramai Rumakiek

berbeda dari dua nama pemain yang sebelumnya, Ramai Rumakiek  menjadi pemain yang masih belia. Ramai Rumakiek yang masih berusia 19 tahun. Namun namanya sudah mulai melejit dari tahun lalu, dan dipercaya akan menjadi pemain andalan dari Shin tae Yong.

Jalannya pertandingan Tim nasional Indonesia vs Timor Leste

Pasukan Shin Tae Yong tampil secara agresif dari menit pertama dan menghasilkan buah yang manis lewat goal cepat dari Terens Puhiri yang memanfaatkan assist dari Ricky Kambuaya.

Setelah unggul cepat, squad Garuda memang sempat mengalami penurunan intensitas, namun hal itu tidak memakan waktu yang banyak, hingga pasukan Shin Tae Yong kembali tampil secara agresif kembali.

piala dunia – Menjelang akhir dari babak pertama. Tim Nasional Indonesia sukses menambah keunggulan berkat goal cantik dari Ramai Rumakiek.

Ramai Rumakiek menerima umpan dari tengah kemudian membuat penetrasi dari sisi kiri ke dalam sampai melepas tembakan ke pojok kanan atas gawang Timor Leste. 

Di babak kedua pertandingan antara Tim Nasional Indonesia dan Timor Leste, Timor Leste melakukan pergantian tiga pemain yang membuat mereka tampil lebih agresif dari sebelumnya.

Meski seperti itu, Timnas Indonesia tidak gentar dan malah membalasnya dengan skema serangan operan satu – dua dan crossing.

Ricky Kambuaya dan kawan – kawan juga mencoba beberapa tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti.

Adapun di menit ke 68, Tim Nasional Indonesia mempunyai peluang emas dari sepak pojok, dimana Rachmat Irianto hampir mencetak goal melalui sundulan yang memanfaatkan umpan Alfeandra Dewangga.

Tidak lama waktu berselang, kali ini squad dari Garuda berhasil mencetak goal yang ketiga di menit ke 72 berkat dari aksi Ricky Kambuaya.

Kemenangan Indonesia melawan Timor Leste ini akan mendongkrak peringkat Tim Nasional Indonesia pada ranking FIFA, dimana pasukan dari Shin Tae Yong akan menggeser tempat Singapura.

Menurut laporan, sekarang ini Singapura berada di peringkat ke 160 dengan perolehan 1000,78 point.

Sebelumnya bertanding melawan Timor Leste, Tim Nasional Indonesia baru saja mempunyai perolehan angka 993,96 point. Dan berkat dari dua kemenangan atas Timor Leste, sekarang evan Dimas dan kawan – kawan mendapatkan tambahan angka 7,65 point.

Hal ini berarti, perolehan point yang sudah dikumpulkan oleh Tim Nasional Indonesia akan menjadi 1001,61 point dan berhasil menggeser Singapura dari peringkat ke 160 FIFA.

kenaikan peringkat FIFA nantinya akan sangat menguntungkan untuk Tim Nasional  Indonesia dalam drawing babak ketiga di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Setelah Tim Nasional Indonesia menggeser Singapura di peringkat ke 160 FIFA, Indonesia akan masuk ke pot 3 kualifikasi, sehingga bisa terhindar dari grup yang cenderung lebih sulit.

Adapun drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada 24 Februari 2022.

Sedangkan ranking FIFA paling baru akan segera terbit pada tanggal 10 Februari 2022.

Sementara itu, Singapura tidak akan menambah point lagi dikarenakan telah absen dari FIFA Matchday Januari 2022 usai ditinggal pelatih kepalanya, Tatsuma Yoshida.

oleh karena itu, Tim Nasional Indonesia aman berada di peringkat ke 160 FIFA untuk masuk ke pot 3 dalam drawing Kualifikasi Piala Asia 2023 mendatang.

Copy link