Menerka Formasi Ideal Timnas Indonesia U-19 Asuhan Shin Tae yong untuk Piala Dunia U-20 2023

Livescoresbola – Tim Nasional Indonesia U-19 akan melaksanakan pemusatan latihan di Korea Selatan. Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia.

 

Pelatih Tim nasional U-19, Shin Tae yong , memanggil 40 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan . Nama yang dipanggil adalah sosok yang sudah tidak asing untuk Shin Tae yong dan mayoritas pernah mengikuti pemusatan latihan sebelumnya di Turki pada bulan oktober 2021.

 

Mereka akan mengikuti pemusatan latihan di Korea Selatan. Dua kota yang pilih adalah Gyeongsangbuk-do pada tanggal 13-24 Maret 2022 dan di Daegu pada tanggal 24 Maret – 10 April 2022.

 

Nantinya, Tim nasional Indonesia U-19 akan mengagendakan sejumlah pertandingan laga uji coba di Negeri Ginseng termasuk melawan Korea Selatan U-19. Selain itu juga, anak asuh dari Shin Tae yong juga direncanakan mengikuti turnamen mini yang akan diselenggarakan di Vietnam.

 

Sebagai tuan rumah, Tim Nasional Indonesia U-19 tentunya memiliki beban yang tidak ringan. Ini merupakan yang menjadi alasan dilakukannya pemusatan latihan jangka panjang dan bertahap.

 

Liga Indonesia – Lantas, akan seperti apa formasi dari Tim Nasional Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2023. Berikut formasi ideal dari Timnas U-19 dengan skema 4 – 4 – 2 khas dari Shin Tae yong supaya mampu bersaing dengan tim yang tangguh.

 

Kiper

Erlangga Setyo memiliki peluang menjadi kiper andalan di Tim NAsional Indonesia U-19. Erlangga Setyo yang dibekali semua kemampuan sebagai kiper tangguh.

 

Erlangga Setyo mempunyai postur tubuh 192 cm yang membuatnya bisa menjangkau bola – bola udara. Selain itu, Erlangga Setyo juga memiliki insting membaca arah bola yang baik.

 

kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Erlangga Setyo musim ini ikut membantu Persis Solo promosi ke Liga 1

 

Belakang

Ketangguhan lini belakang memegang peran penting pada Piala Dunia U-20. Duet Muhammad Ferrari dan Marcell Januar bisa diandalkan di jantung pertahanan.

 

Kemampuan keduanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Ferrari menjadi andalan pada lini belakang Persija, sedangkan Marcell adalah pemain kunci sewaktu di Tim Nasional Indonesia U-16.

 

Sementara itu, posisi bek sayap kiri dihuni oleh Alexandro Kamaru dan sayap kanan diperkuat oleh Syukran Arabia. Seperti yang diketahui , keduanya mempunyai kecepatan berlari yang bisa menjadi tambahan amunisi saat melakukan transisi positif(menyerang) dan negatif (bertahan).

 

Tengah

Komposisi lini tengah akan sangat menarik karena dihuni pemain -pemain yang berkualitas. Resa Aditya akan didapuk sebagai gelandang bertahan yang menjadi jembatan antara lini depan dan lini belakang.

 

Kinerja Resa akan dibantu oleh Marselino Ferdinan sebagai motor serangan. Marselino Ferdinan juga akan bertugas menjaga ritme dari permainan sambil melancarkan bola – bola operan matang.

 

Ada juga Subhan Fajri akan diplot sebagai gelandang sayap kiri. Kecepatannya dalam berlari akan menjadi kunci dalam membantu serangan.

 

Sementara itu, posisi sayap kanan akan dihuni Alfriyanto Nico. Bukan sebuah rahasia lagi bila Nico dibekali kemampuan berlari dan tembakan yang bisa menjadi sebuah pemecah kebuntuan.

 

Depan

Ronaldo Kwateh bisa menjadi andalan dalam pemecah kebuntuan dari Tim NAsional Indonesia U-19. Ronaldo Kwateh mempunyai kecepatan yang dipadukan dengan akurasi tembakan.

 

Kemampuan ini yang membuat peran Ronaldo Kwateh akan sangat krusial di lini depan. Pemain dari Madura United ini bisa diduetkan dengan Ricky Pratama.

 

Seperti yang sudah diketahui, Ricky Pratama merupakan pemain penyerang yang memiliki naluri mencetak gol baik. Itu sudah dibuktikan saat dipercaya mengikuti pemusatan latihan di Turki pada bulan oktober 2021.

Copy link