Sejarah Sepak Bola Hingga Bisa menjadi Olahraga Populer di Dunia

Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang berisikan 11 orang pemain di setiap tim nya, dengan tujuan memasukan bola kedalam gawang lawan sebanyak banyaknya dalam waktu 2 x 45 menit. Sebelum permainan sepak bola yang seperti sekarang, sejarah permainan sepak bola sudah berjalan sejak ratusan bahkan hingga ribuan tahun yang lalu.

Permainan sepakbola yang sekarang berbeda dengan permainan sepak bola pada zaman dahulu awal munculnya permainan sepak bola. Olahraga sepak bola sudah mulai terekam jejaknya sejak zaman Tiongkok kuno dan terus berkembang hingga akhirnya, pada abad ke-18 tercetus pola permainan sepak bola modern di Inggris jadwal bola.

Sejarah Permainan Sepak Bola di Dunia

Sejarah permainan sepak bola dunia sangat panjang. Oleh karena itu, pada saat membicarakan soal asal usul tentang olahraga sepak bola ini, orang – orang yang biasanya membaginya menjadi dua era, yaitu sepak bola kuno dan sepak bola modern.

  1. Sejarah Sepak Bola Kuno

Catatan paling tua tentang permainan yang melibatkan penggunaan bola yang terbuat dari batu datang dari Aztec, sekitar 3000 tahun yang lalu. permainan tersebut dinamakan Tchatali.

Pada masa itu, permainan tersebut dinamakan untuk berbagai tujuan. Salah satu tujuan nya adalah sebagai ritual dan bola yang mereka mainkan menjadi simbol matahari. Dan tim yang kalah akan menerima hukuman  berupa dikorbankan kepada dewa – dewa.

Permainan yang melibatkan penggunaan bola yang ditendang juga sudah tercatat ada di dinasti Han, Tiongkok, kurang lebih di pada tahun 1122 – 247 sebelum masehi.

Pada masa itu, olahraga ini juga disebut sebagai Tsu Chiu. Tsu berarti kaki dan Chiu memiliki arti bola yang terbuat dari kulit dan didalamnya diisi dengan rumput.

Permainan Tsu Chiu dimainkan oleh tim yang masing – masing permain berisi 10 orang. Pola dari permainan Tsu Chiu sangat mirip dengan permainan sepak bola. karena pemain akan memasukan bola ke jaring yang dipasang diantara dua tiang, sebagai salah satu kegiatan hiburan saat ulang tahun raja.

Selain dari suku Aztec dan masyarakat Tiongkok kuno, sejarah permainan sepakbola juga sudah tercatat di berbagai negara lain, mulai dari Prancis, Italia, bahkan Romawi, dan Yunani kuno.

  1. Sejarah sepakbola modern

Dalam sejarah sepak bola kuno, permainan ini dilakukan tanpa aturan yang tetap  atau pasti dan belum ada organisasi yang membawahi peraturan dari olahraga yang dimainkan.

Sejarah sepak bola modern dimulai pada abad ke 18 di Inggris saat badan bernama English Football Association didirikan. Organisasi sepak bola pertama tersebut berdiri pada tanggal 26 oktober 1863

Lalu pada 8 desember 1863, lahirlah peraturan sepak bola modern pertama yang dalam perkembangannya, akan mengalami banyak perubahan atau revisi hingga bisa menjadi peraturan sepak bola yang kita kenal sekarang.

Sementara, salah satu jejak penting dalam sejarah sepak bola dunia dimulai pada 21 mei 1904 saat Prancis mempunyai inisiatif untuk membuat federasi sepak bola internasional  yang bernama Federation International de Football Association (FIFA)

Dua puluh enam tahun setelah FIFA berdiri, lebih tepatnya pada tahun 1930, atas gagasan dari Julius RImet, Piala dunia pertama kali diadakan di Montevideo, Uruguay.

Sejarah Sepak Bola Indonesia 

Sejarah dari permainan sepak bola modern di Indonesia, permainan ini diduga dibawa oleh Belanda pada zaman penjajahan. Organisasi Sepak bola yang pertama kali berdiri di Indonesia adalah Nederland Indische Voetbal Bond (NIVB).

Meski begitu, pada masa itu permainan sepakbola baru dimainkan di pulau jawa oleh orang – orang Belanda dan masyarakat terpelajar yang mempunyai akses.

Baru pada media 1920 atau 1930 an, sering dengan bangkitnya semangat kebangsaan, mulailah berdiri asosiasi sepakbola di beberapa daerah, seperti Solo (PERSIS), Mataratam atau Yogyakarta (PSIM), Surabaya (PERSEBAYA), Jakarta (PERSIJA), dan Bandung (PERSIB).

 Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) sendiri berdiri pada 19 April 1930 dan menaungi beberapa organisasi sepak bola daerah, sebagai tindak lanjut dari Sumpah Pemuda yang dideklarasikan pada 28 Oktober 1928.

Setelah berdirinya PSSI, Kompetisi tahunan sudah mulai berjalan mulai dari tahun 1931 sampai 1941. kompetisi berhenti dari tahun 1942 hingga 1950 pada saat Jepang mulai masuk menjajah Indonesia sampai masa awal kemerdekaan. Baru pada tahun 1951 PSSI kembali berjalan.

Sekarang PSSI adalah organisasi induk sepak bola Indonesia yang menaungi tim nasional yang akan bertanding di berbagai kejuaraan baik itu tingkat Asia maupun tingkat Dunia. Sekaligus Organisasi yang mengatur kompetisi nasional antar klub dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Sejarah permainan sepak bola ada di dunia atau di Indonesia sudah berhasil membawa permainan ini menjadi salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Banyak orang memakainya setiap hari, baik itu secara profesional, amatir, maupun sekedar sebagai kegiatan pelepas penat.

Sadar atau tidak sadar, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sepak bola. Selain bisa membantu tubuh bergerak, olahraga ini juga akan meningkatkan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Copy link