Shin Tae-yong Merasa Lega Tentang Kabar Baik Pada Kualifikasi Piala Asia 2023, Termasuk Mainkan Marc Klok Dalam Timnas Indonesia

livescoresbola – Beberapa kabar baik bermunculan serta dapat memudahkan persiapan oleh Timnas Indonesia pada kualifikasi dalam ajang pertandingan Piala Asia 2023. Adapun kualifikasi pada Piala Asia 2022 memang masih akan berlangsung pada tanggal 14 Juni 2022 mendatang. 

Adanya drawing fase grup pun akan dilaksanakan pada tanggal 24 Februari yang akan datang. Namun, Timnas Indonesia akan selalu bersiap serta berbenah dalam menargetkan lolos pada putaran Piala Asia 2023. Beberapa kabar baik yang meliputi persiapan pertandingan Timnas Indonesia dalam ajang kompetisi tersebut.

Hal tersebut pun memberikan dampak kelegaan bagi pelatih Timnas Indonesia, yakni Shin Tae-yong. Adapun kabar baik yang pertama kali yaitu bahwa Timnas Indonesia telah resmi masuk pada pot 3 dalam kualifikasi pertandingan Piala Asia 2023.

Hal tersebut pun diperoleh setelah pasukan Garuda telah mengalahkan Timor Leste dalam ajang pertandingan FIFA Matchday pada Januari 2022. Dengan adanya hasil 7,65 poin Indonesia pun telah naik tingkatan pada peringkat ke 160 FIFA, serta juga dapat mengalahkan kedudukan Singapura yang sekarang ini harus berada pada tingkatan peringkat ke 161.

Adapun poin yang dikumpulkan oleh Indonesia sekarang ini yaitu 1001,61 sedangkan Singapura yaitu 1000,78 poin. Dengan adanya perubahan posisi kenaikan peringkat FIFA, Indonesia pun telah masuk ke dalam pot 3 serta mempunyai peluang untuk terhindar dari grup neraka ketika akan melakukan drawing nanti.

Pada pot 3, Indonesia yang bersama dengan Malaysia, Yaman, Maladewa, Myanmar, dan Afghanistan. Kemudian, Timnas Indonesia pun berpeluang mempunyai tambahan kekuatan dari 2 pemain naturalisasi yang sekarang ini masih dalam proses pergantian kewarganegaraan oleh PSSI serta Menpora.

Exco PSSI yang saat ini mengurusi masalah itu, yakni Hasani Abdulgani juga telah memberi indikasi jika keduanya dapat bermain pada kualifikasi pertandingan Piala Asia 2023.

“ Semoga proses permain keturunan yang sekarang ini sedang diproses oleh pemerintah untuk Timnas Indonesia bisa terlaksana sebelum bulan April mendatang, “ ucap Hasani Abdulgani .

“ Jika terjadi, insya Allah para pemain tersebut dapat bermain dalam kualifikasi Piala Asia bulan Juni yang akan datang “, tuturnya kembali. berita bola.

“ Adapun target dari ketua umum PSSI yaitu pemain naturalisasi tersebut bisa membela Timnas Indonesia dalam babak kualifikasi pertandingan dalam Piala Asia serta Piala AFF 2022, “ ucapnya kembali.

Disisi lain, pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong pun telah mengapresiasi langkah PSSI serta pemerintah Indonesia yang saat ini sedang berusaha dengan cepat supaya para pemain tersebut dapat segera berganti kewarganegaraan menjadi warga negara Indonesia.

“ Semoga semua pemain keturunan dapat dipercepat serta mengubah kewarganegaraannya. “ 

“ Saya sangat berterima kasih untuk pemerintah serta PSSI bila proses tersebut dipercepat,” tuturnya Shin Tae-yong setelah selesai dalam laga melawan Timnas Timor Leste.

Tak hanya 2 kabar baik tersebut, Timnas Indonesia juga memiliki peluang untuk diperkuat oleh  gelandang Persib Bandung, yakni Marc Klok.

Sesudah dinaturalisasi pada tahun 2019 yang lalu, Marc Klok juga belum dapat membela Timnas Indonesia sebab adanya masalah pada administrasi.

Klok sendiri telah disebutkan tak mampu menunjukkan dokumen bahwa dirinya mempunyai garis keturunan Indonesia. Karena hal tersebut itulah dirinya harus tinggal dahulu di Indonesia sekurang – kurangnya lima tahun.

Hal tersebut dimulai dari lahir di negara asosiasi ini serta memiliki garis keturunan sampai menetap di wilayah di bawah usia 10 tahun atau paling tidak selama 3 tahun. Dan untuk berusia 10-18 tahun minimal selama 5 tahun serta di atas 18 tahun paling tidak 5 tahun. Pertamanya Klok sendiri mengambil jalur memiliki garis keturunan. Akan tetapi ketika FIFA meminta dokumennya, namun Klok tak bisa menunjukkannya.

Mantan gelandang PSM Makassar tersebut pertama kali ke Indonesia pada tahun 2017 dan dirinya pun tinggal di Indonesia selama 5 tahun ketika memasuki tahun 2022 ini. Klok sendiri sempat menjelaskan jika dirinya akan dapat bermain di Timnas Indonesia pada bulan April 2022.

“ Tak sedikit juga usaha yang sudah dilakukan supaya harapan serta mimpi saya dapat segera terwujud, semua dokumen juga sudah siap “ tulis klok pada postingannya di Instagram.

“ Namun, keputusan masih mengatakan masih sebaliknya, bahwa kabar baiknya yaitu pada bulan April 2022 yang akan datang bahwa saya sudah dapat membela Timnas Indonesia serta itu hanya 6 bulan saja untuk saya dapat menunggu momen tersebut, “ tuturnya kembali.

Marc Klok juga telah berbincang banyak dengan pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong saat menyaksikan laga pertandingan pekan ke 19 Liga 1 antara Persib Bandung melawan Bali United yang berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar Bali.

Ketika itu, dirinya pun memberikan bocoran informasi tentang apa yang dibicarakan dengan Shin Tae-yong.

Copy link